MADU

Reputasi madu dalam mengatasi pernafasan tetap diakui, terutama untuk mengusir mucus/dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernafasan. Masyarakat Yunani dan Romawi percaya dengan khasiat madu sebagai dekongestan (pelega hidung saat pilek).Madu juga memiliki sifat sedative (penenang) yang ringan. Karena itu, masyarakat tradisional sering mencampurkan madu pada segelas susu untuk diminum sebelum tidur. Minuman ini membuat mereka rileks dan bisa segera tidur nyenyak.Efek lain madu yang sejak lama diyakini adalah sebagai aprodisiak atau pembangkit gairak seksual. Sebagai tonikum, madu dicampur dengan kuning telur ayam mentah dan merica bubuk.Madu juga dimanfaatkan untuk memelihara kondisi tenggorokan. Segelas air hangat dan madu merupakan ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk mengikis radang tenggorokan. Bila mulut sariawan atau meradang, madu diencerkan dengan air untuk kumur. Meskipun bersifat melawan infeksi, madu tidak menyebabkan kerusakan gigi karena kemampuannya melawan bakteri penghasil asam laktat. Karena dapat bersifat basa, madu dapat melindungi lambung dan usus dari penumpukan asam didalamnya. Luka-luka dalam usus juga akan cepat sembuh jika penderita selalu makan makanan yang dicampur madu.PRODUK HERBAL:
 Madu memiliki sejuta manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk perawatan kecantikan tubuh. Bahkan keampuhannya sudah tenar sejak zaman Romawi Kuno.

Madu memang memang menakjubkan. Terlepas dari kandungan nutrisinya yang tinggi, madu mengandung senyawa unik yang tak memungkinkan bakteri tumbuh subur di dalamnya. Berikut adalah sejumlah keunggulan madu seperti dikutip dari laman Times of India.

Pelengkap menu diet
Madu sangat dianjurkan bagi mereka yang tengah menjalani program diet pelangsingan tubuh. Tambahkan madu dan lemon dalam segelas air hangat untuk menu sarapan.

Madu berperan sebagai pasokan energi tanpa menimbun lemak di tubuh. Rasa manis dari madu bisa menjadi pengganti gula untuk meningkatkan energi.

Antibakteri
Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu memperbaiki sistem pencernaan. Madu juga mengandung protein defensin-1 untuk mengobati luka bakar dan infeksi kulit, serta untuk mengembangkan obat baru yang dapat memerangi infeksi resisten antibiotik.

Antitumor
Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan memiliki sifat antitumor yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

Obat batuk
Tambahkan beberapa satu sendok makan madu ke dalam jus jahe, dan konsumsi dua kali sehari untuk mengobati sakit tenggorokan.

Sembuhkan luka
Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan membantu menjaga luka bersih dan bebas dari infeksi. Hal ini dapat digunakan sebagai obat alami dalam perawatan pertolongan pertama untuk luka bakar dan luka lainnya.

Madu bisa mempercepat proses penyembuhan. Sifat antibakteri madu mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen antiinflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, bahkan mencegah timbulnya jaringan parut.

Merawat kecantikan
Menerapkan madu pada wajah selama 10 sampai 15 menit sebelum dicuci dengan air hangat, bermanfaat menjaga kulit lentur dan tampak segar.

Untuk rambut, gunakan dua sendok madu dicampur air hangat untuk bilas usai keramas dengan sampo. Sentuhan madu akan menambah kemilau rambut.

Menambahkan satu atau dua sendok teh madu dengan secangkir teh chamomile sebelum tidur juga menjadi ramuan ampuh yang direkomendasikan untuk menenangkan saraf serta membantu tidur nyenyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s