Fungsi Widget Bawaan WordPress

Berikut penjelasan tentang widget-widget wordpress pilihan yang setelah kita download dan kita upload di hosting kita bisa kita akses melalui halaman front end wordpress dari menu Admin – Design – Widget :

1.Widget Pages

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan halaman pada sisi sidebar, misalnya halaman pertama adalah halaman bercerita tentang bisnis pulsa, halaman kedua bercerita tentang bisnis adsense, halaman ketiga bercerita tentang bisnis affiliate, dan seterusnya..

2. Widget Calender

 

Widget bawaan wordpress untuk mengetahui frekuensi anda dalam memposting tulisan di dalam blog atau wordpress anda tersebut. Ini memudahkan pengunjung dalam me-review atau melihat langsung postingan tulisan anda dengan mengarahkan mouse di tanggal yang ada dalam kalender tiap bulannya.

3. Widget Archives

Widget bawaan wordpress untuk mengumpulkan postingan artikel setiap bulannya. Fitur ini bisa memperlihatkan jumlah artikel yang ditulis perbulan.

4. Widget Link

Secara default, widget link di halaman utama berada di menu blogroll. Dan ini bisa kita hapus dan kita ganti dengan kategori link sesuai dengan tema website kita. Widget bawaan wordpress ini biasanya di gunakan untuk tukar menukar link yang secara otomatis juga akan meningkatkan traffict website kita.

5. Widget Meta

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan link : Login, entries RSS, comment RSS, dan WordPress.org

6. Widget Search

Widget bawaan wordpress untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan kontent atau artikel yang di cari dengan mengetikkan kata kunci di dalam box search.

7. Widget Recent Post

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan postingan terakhir yang di buat oleh pemilik blog atau website tersebut

8. Widget Tag Clouds

Widget bawaan wordpress untuk memudahkan pengunjung dalam mencari artikel berdasarkan kata kunci yang di maksud. Artikel yang mengandung kata kunci tertentu, dan kata kunci tersebut sering di gunakan lagi di artikel yang lain, maka tampilan font nya menjadi lebih besar. Begitupun sebaliknya

9. Widget Categories

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan kategori artikel yang di tulis. Susunannya bisa kita atur sesuai abjad.

10. Widget text

Widget bawaan wordpress untuk memasukkan script text html yang kita dapatkan melalui program adsense, affiliate, text yahoo messenger online, atau sejenisnya

11. Widget Recent Comments

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan komentar dari pengunjung website atau blog kita

12. Widget Category Cloud

Widget bawaan wordpress ini sama dengan widget tag cloud, tapi bedanya ini menampilkan kategori dari postingan artikel yang ditulis. Kategori yang paling banyak artikelnya di tampilkan dengan font yang lebih besar.

13. Widget Blog Stats

Widget bawaan wordpress untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke website atau blog kita

14. Widget RSS feed

Widget bawaan wordpress untuk menampilkan berita terbaru dari website pilihan di halaman website kita. Alamat link bisa kita cari dengan menggunakan mesin pencari yahoo, mesin pencari google atau mesin pencari yang lain dengan menuliskan kata kunci = ‘’ RSS feed + kontent yang sesuai dengan website atau blog kita’’ misalnya ‘’ RSS Feed + internet marketing’’

Diatas adalah penjelasan singkat mengenai widget bawaan wordpress. Bagi pemula mungkin belum tahu, bagi yang sudah mahir diem aja dulu ya…namanya juga belajar wordpress bagi pemula.

Cossierandi, mencoba berbagi

©

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s