Niiih..PESAWAT PENJEMPUT OM NAZARUDIN

i
Nazaruddin menuju pesawat
Tahukah anda biaya yang dikeluarkan negara untuk menjembut Nazaruddin dari Kolombia sebesar 4 Milyar rupiah. Dana ini berasal dari  uang negara (ABPN) yang sudah masuk ke pos anggaran KPK. Ruarr biasa!!. Lalu mengapa semahal itu?
Ternyata tim gabungan penjemput Nazaruddin harus menggunakan pesawat carteran yang tentunya jauh lebih mahal dari pesawat biasa. Lalu mengapa pula harus pakai pesawat carter?

Asaborneo mengutip dari Kompas, menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Rianto dengan menggunakan pesawat carter, Nazaruddin dan tim penjemput tidak perlu turun dari pesawat saat mereka transit di beberapa negara. Dengan demikian, berbagai permasalahan hukum terkait yurisdiksi negara lain dapat dihindarkan. Hmmmm…masuk akal juga.

Memangnya seperti apakah pesawat carter yang digunakan tim penjemput Nazaruddin sampai segitu mahalnya? Inilah spesifikasinya yang Asaborneo kutip dari tribunnews.comPesawat yang membawa Nazaruddin termasuk pesawat jet jenis Gulfstream yang diproduksi oleh Gulfstream Aerospace Corporation. Perusahaan ini sendiri telah menghasilkan lebih dari 1.500 pesawat bagi pemerintah, perusahaan, swasta, dan pelanggan militer di seluruh dunia.Pesawat Gulfstream yang mengangkut Nazaruddin diperkirakan adalah Gulfstream V C-37A yang mempunyai kapasitas tempat duduk enam sampai 12 penumpang. Kecepatan pesawat bermesin Rolls-Royce buatan Amerika Serikat ini mencapai 950 kilometer per jam. Diseluruh dunia, pesawat ini hanya diproduksi sekitar 182 unit.

Pesawat ini juga biasa dipakai oleh kalangan bisnis dan militer Amerika Serikat dan Israel. Gulfstream V C-37A memiliki sistem manajemen penerbangan dengan sistem berbasis satelit global positioning dan mampu menjelajah pada ketinggian 51 ribu kaki diatas laut atau setinggi 16 ribu meter.

Bila ingin membeli pesawat ini harus terlebih dahulu merogoh kocek sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 425 miliar. Gulfstream sendiri pada tahun 2008 telah memproduksi enam model pesawat terbarunya. Keenam tipe tersebut yakni G150, G200, G250, G350/G450, G500/G550, dan G650

Pesawat Gulfstream
Interior Pesawat Gulfstream

©

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s