Francis Ford Coppola

Francis Ford Coppola lahir pada tahun 1939 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, meskipun demikian dia tidak dibesarkan di tempat kelahirannya namun dia besar di New York dalam sebuah keluarga keturunan Italia-Amerika. Ayahnya adalah Carmine Coppola, seorang komposer musik dan ibunya adalah seorang yang pernah menjadi artis. Pada masa kecilnya dia adalah termasuk murid yang biasa-biasa saja, tetapi dia mempunyai ketertarikan yang luar biasa pada dunia teknologi. Oleh karena itu teman-temannya banyak yang memanggilnya dengan sebutan “ilmuwan”.

Pada usia 15 tahun dia mendapatkan beasiswa di New York Military Academy dikarenakan keahliannya bermain tuba, sebuah alat musik tiup sejenis terompet. Dia merasa sedikit tidak nyaman di akademi tersebut dan akhirnya setelah berada di tempat itu selama satu tahun setengah, dia kabur tanpa arah ke Manhattan Street selama beberapa hari. Kemudian setelah itu dia mendapatkan beasiswa lain ke Hofstra University di Hempstead untuk keahliannya yang luar biasa dalam menulis naskah drama. Di universitas tersebut dia masuk di jurusan drama, menulis banyak naskah dan musik untuk ditampilkan oleh murid-murid yang lain.

Pada tahun 1960 Coppola bergabung dengan University of California di sekolah musik Los Angeles di UCLA. Di tempat ini Coppola menyutradarai sebuah film horror pendek yang berjudul “ The Two Christopers” yang terinspirasi oleh karya Edgar Allen Poe, William Wilson. Dia juga menyutradarai “ Anyamonn The Terrible”, sebuah film tentang mimpi buruk seorang pematung yang dating ke kehidupannya. Pengalaman film pertamanya datang dari sebuah kerja sama dengan pembuat film “Z-movie”, Roger Corman.

Dia menghasilkan banyak naskah pada proyek kerja samanya dengan Corman sampai akhirnya dia berhasil dengan proyeknya sendiri “Dementia 13”. Selanjutnya dia bekerja sebagai sutradara dengan Warner Brothers.
Setelah sukses bekerja di perusahaan pembuat film Hollywood, Coppola memulai impinya untuk menciptakan dunia hayalan bagi pembuat film muda untuk kebebasan berekspresi. Bersama temannya George Lucas, Coppola menciptakan Zoetrope di San Fransisco, California. Tetapi dia mengalami kejadian yang berat ketika produksi pertamanya “THX 1138” mendapatkan masalah.

©

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s