Biografi Steven Spielberg

Steven Spielberg adalah tokoh cinema tersohor asal Amerika Serikat. Anda tentu ingat Jurasic park, sebuah film yang mampu memvisualisasikan imajinasi penonton tentang dinosaurus, makhluk yang telah punah jutaan tahun lalu. Film ini menjadi salah satu karya terbesar Spielberg yang menjadikanya seorang sutradara dan produser film terpopuler di dunia. Bakat, imajinasi dan keluwesannya membuatnya tetap bertahan bahkan menjadi pembuat film tersukses.
Spielberg lahir di Cincinnati Ohio Amerika Serikat 18 Desember 1946, menempuh pendidikan tinggi di California State College. Sejak usia 12 tahun ia telah memulai karir di dunia perfilman dan telah menghasilkan 8 film amatir. Spielberg mempunyai ketajaman visi membangkitkan minat penonton di seluruh dunia dengan mengangkat cerita-cerita film kuno dipadu keterampilan skenario serta efek yang canggih. Indiana Jonse,the Extra-Terresterial (ET) dan Jurassic Park, Gremlims, Back to Future, dan Who Framed Roger Rabbit  penggarapannya begitu sempurna hingga menyajikan tontonan yang belum pernah disaksikan sebelumnya. Film pendek Amblin yang dibuatnya tahun 1969 membuat Universal Picture tertarik dan mengontrak Spielberg selama 7 tahun. Film pertama yang secara komersial sukses adalah film Jawl  yang dibuat berdasarkan cerita novel Peter Benchley. Film-film selanjutnya  mampu digarap dengan kualitas artistik tinggi serta tema-tema yang beragam mulai dari fiksi ilmiah, petualangan, drama dan sejarah. Film fiski ilmiah E.T bahkan dianggap sebagai film tersukses dengan meraup keuntungan terbesar di era 1980-an. Tahun 1993 Spielberg kembali memproduksi film yang sukses baik secara komersial, sambutan penonton serta kualitas artistik yaitu film Jurasic Park. Hanya dalam hitungan 4 minggu film ini bertengger di puncak daftar film terlaris. Di tahun yang sama Spielberg kembali meluncurkan film Schindler`s List yang juga menuai sukses serta membuktikan ia adalah seorang sutradara dengan kepekaan dan visi yang hebat. Schindler`s List menyabet dua kategori academy award sebagai sutradara dan film terbaik.
Apielberg telah terlibat dalam penggarapan film secara komersial sejak tahun 1970-an. Pada tahun 1984 dia membangun rumah produksi sendiri yang diberi nama Amblin Entertainment. Melali rumah produksinya ini, ia membuat banyak film baik layar lebar maupun film untuk televisi seperti serial Sotries dan The Young Indiana Jones. Tahun 1994 ia juga bekerjasama dengan tokoh-tokoh hollywood Jeffrey Katzenberg, dan David Geffen mendirikan studio film Dream Works SKG. Rumah produksi ini kemudian menjalin kerjasama dengan perusahaan milik Bill Gates Microsoft Coorporation mendirikan Dream Works Interaktive, sebuah kemitraan untuk memproduksi permainan-permainan, video dan bahan ajar interaktif.
Selain kehebatannya dalam mendesain sebuah film, para kritikus film juga melihat bebrapa kelemahan Spielberg yang juga diakuinya sendiri yaitu “memotong terlalu cepat, editingnya terlalu tangkas, banyak menggunakan lensa sudut-lebar, kurang menggambarkan sosok wanita dengan baik, penuh muslihat dalam cerita dan pembuatan film, terlalu tergantung pada teknologi, dan kurang memperhatikan sisi cerita.
Referensi:
100 Tokoh Paling Berpengaruh Abad 20
Penerbit Nuansa

©

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s